Ibadah Natal 2023 Calvin Institute of Technology: Renungan Masa Adven

December 09, 2023

Pada hari Sabtu, 9 Desember, seluruh sivitas akademika Calvin Institute of Technology mengikuti Ibadah Natal bertema The First Gospel di aula J.S.Bach. Acara ini digelar sebagai persiapan komunitas Calvin Institute of Technology menyambut Natal bersama.

Inkarnasi Kristus merupakan bukti besarnya kasih Tuhan terhadap manusia. Dalam Perjanjian Lama, ada empat fakta inkarnasi Kristus dan realitas kebutuhan kita akan kedatangan Kristus ke dunia. Pertama, Allah mengutuk ular, bukan manusia yang telah melawan Allah. Kedua, Allah berinisiatif memimpin kita berperang melawan iblis yang berarti Allah berperang di pihak kita. Ketiga, Allah mengirimkan Kristus melalui manusia yang seharusnya dibenci Allah, karena telah jatuh ke dalam dosa. Dan yang keempat, Allah menjanjikan kemenangan ada di tangan kita.

Pertanyaan seperti ‘Mengapa Kristus harus mati untuk menyelamatkan manusia? Apakah itu satu-satunya jalan keselamatan manusia?’ mungkin sering terlintas dalam kepala kita. Pdt. Jethro Rachmadi, M.Th menjelaskan bahwa jawaban kedua pertanyaan itu adalah:

“Ya, Kristus harus mati bagi kita karena kematiannya adalah harga yang harus dibayar untuk pelanggaran mahal kita”.

Setelah memahami mengapa Tuhan memberikan keselamatan bagi kita dan mengetahui bagaimana Tuhan melakukannya dengan cinta, mari kita bersama-sama melakukan renungan Natal yang lebih mendalam dan bermakna dengan memperbaharui komitmen kita untuk mengasihi Tuhan dan sesama manusia.

Kenangan Natal Calvin Institute of Technology tahun ini diakhiri dengan makan makanan ringan bersama. Suasana hangat dan bersahabat menutup acara kebaktian Natal tahun 2023 dengan indah.

RELATED POSTS

Calvin Colloquium 2024

Calvin Colloquium 2024

Calvin Colloquium 2024 adalah serangkaian seminar yang diadakan oleh Calvin Institute of Technology di Jakarta pada 22-25 April 2024. Dalam acara...