Dies Natalis Ke-5 Calvin Institute of Technology: Mengingat Visi dan Misi!

November 27, 2023

Tak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Calvin Institute of Technology (CIT) kali ini merayakan Dies Natalis ke-5 dengan mengusung tema “Here We Stand” pada 3-4 November 2023.

Pada perayaan hari pertama, rektor Calvin Institute of Technology, Pdt. David Tong, Ph.D., menyampaikan laporan progress dan arah perkembangan CIT kedepannya. Laporan berisi berbagai prestasi dosen dan mahasiswa, serta rencana perluasan area belajar di Calvin Tower, serta rencana akan dibukanya dua prodi non-STEM.

Didalam laporan rektor tersebut, rektor membicarakan mengenai rencana pembangunan komplek universitas di tanah BSD dengan kapasitas penampungan 3000 mahasiswa, baik dari segi fasilitas belajar maupun tempat tinggal. Mengakui proses pembangunan tersebut dipenuhi banyak sekali tantangan dan kesulitan, tetapi beliau juga mengingatkan bahwa jika itu adalah kehendak Tuhan maka di dalam tangan pemeliharaan Tuhan tidak ada yang mustahil.

Perayaan hari pertama ditutup dengan meriah melalui drama menarik dan seru oleh mahasiswa CIT. Drama berjudul Ashanamolo ini penuh semangat Pancasila. Drama ini mengamanatkan bahwa komunitas CIT dengan segala kekayaan latar belakang orang-orangnya, harus menjadi komunitas yang sehat dengan saling mempedulikan satu sama lain.

Asal Muasal Tema “Here We Stand”

Di hari kedua, Ibadah Ucapan Syukur Dies Natalis dibuka oleh khotbah dari Pdt. David Tong, Ph.D., yang membahas mengenai konsep “Keselamatan dan Pengharapan” dalam Roma 8. Beliau menyampaikan bahwa tema Dies Natalis CIT akan selalu berasal dari perkataan tokoh reformator Martin Luther saat memperjuangkan reformasi, yakni “Here I Stand”. Kalimat ini diangkat untuk mengingat reformasi yang selalu mengajak kita melihat kembali pada keabsolutan, kesempurnaan, dan finalitas Alkitab – serta melihat ke depan kepada harapan bahwa Tuhan akan selalu menjaga dan menyertai kita dalam janji-Nya.

Arahan Visi Dari Founder

“ku berdiri atas firman-Hu meskipun dunia binasa, Firman Tuhan kekal selamanya ku berdiri atas firman-Hu” 

Arahan visi dipimpin oleh Pdt. Dr. H.C. Stephen Tong selaku Founder & Honorary Chairman. Beliau menyampaikan bahwa CIT harus terus memiliki semangat yang sama dengan tokoh-tokoh Kristen yang memegang teguh prinsip Alkitab dan berdiri melawan prinsip dunia yang menuju kehancuran.

“CIT akan merebut kembali orang orang yang paling pintar di dalam dunia akademik menjadi orang orang yang takut kepada Tuhan, orang orang yang membela kebenaran Kitab Suci, dan orang orang yang menguasai dunia akademik untuk memberikan Kemuliaan kepada Kristus, Glorify Jesus Christ, di dalam dunia ini.” harapan Stephen Tong

Arahan visi Pdt. Dr. H.C. Stephen Tong dan khotbah Pdt. David Tong, Ph.D., mengingatkan dan menasehati bahwa CIT harus tetap berdiri pada Firman Tuhan dan memiliki pengharapan di tengah dunia yang juga penuh dengan penderitaan. Harapannya, CIT tidak hanya membentuk orang yang pandai dalam hal akademik, namun juga takut akan Tuhan dan membela kebenaran Kitab Suci, sehingga mereka bisa menguasai dunia akademik demi kemuliaan Tuhan untuk menjadi shalom bagi dunia.

RELATED POSTS

Calvin Colloquium 2024

Calvin Colloquium 2024

Calvin Colloquium 2024 adalah serangkaian seminar yang diadakan oleh Calvin Institute of Technology di Jakarta pada 22-25 April 2024. Dalam acara...