Milestone, Class of 2023 Commencement: Pelantikan Wisudawan Pertama Calvin Institute of Technology

August 30, 2023

Sabtu, 12 Agustus 2023, menjadi momen bersejarah bagi Calvin Institute of Technology (CIT). Pdt. Dr Stephen Tong yang merupakan founder dan Honorary Chairman CIT didampingi oleh rektor Pdt. David Tong Ph.D., telah melantik 40 wisudawan dan wisudawati angkatan 2019. Acara tersebut dilangsungkan di Aula Simfonia Jakarta yang dihadiri oleh 557 orang secara fisik dan 230 online, termasuk dosen dan staff.

Acara tersebut juga dimeriahkan dengan adanya mini concert dari Jakarta Simfonia Orchestra (JSO), dan Jakarta Oratorio Society (JOS) beserta Calvin Choir dengan konduktor internasional, Dr. Jahja Ling. Lagu-lagu kebangsaan dan musik klasik dari komponis-komponis ternama ditampilkan dalam kesempatan tersebut.

Wisudawan yang dilantik terdiri dari lulusan program studi STEM (Science, Technology, Engineering dan Mathematics) yaitu S1 IT and Big Data Analytics (S.Kom.), S1 Iot and Electrical Engineering (S.T.), S1 Chemical and Food Processing (S.T.), S1 Biomedical Science (S.Si.), S1 Smart Construction and Civil Engineering (S.T.), S1 Architecture and Sustainable Design (S.Ars.). Dari seluruh lulusan Class of 2023, terdapat 4 mahasiswa yang meraih penghargaan Honors Scholars CIT berdasarkan capaian Indeks Prestasi Kumulatif yang juga melewati tuntutan ketat lainnya, yaitu Isabella Stevani (CFP), Joy Miliaan (IEE), Tabita Lidya Qudical (SCCE), dan Yosephine Priscilla Maris (BMS).

Salah satu mahasiswa terbaik dipilih untuk menyampaikan Valedictorian Speech, yaitu Joy Miliaan, dari prodi IoT and Electrical Engineering (S.T.). Dalam pidatonya, Joy membagikan bagaimana proses pembentukan yang dialami-nya selama berkuliah di CIT.

“Berkuliah di CIT tidaklah mudah, namun ada anugerah Tuhan yang menopang saya, sehingga saya dapat terus melangkah untuk sampai di titik ini,” tuturnya.

Dalam sesi Rector’s Charge, Pdt. David Tong Ph.D., menekankan beberapa poin penting yang menjadi dasar atau pegangan untuk setiap wisudawan untuk melangkah kedepannya.

“Dengan melihat kemuliaan Tuhan, kita akan sadar betapa suramnya dunia ini. Setiap mereka merupakan serdadu Kristus yang dipanggil untuk bersaksi dimanapun Tuhan menempatkan mereka, sehingga rencana Tuhan tetap dapat terus dikerjakan”, tutur Pdt. David Tong Ph.D.

Kemudian pesan yang tak kalah pentingnya juga disampaikan oleh Founder CIT, Pdt. Dr Stephen Tong. Beliau menekankan bagaimana CIT merupakan starting point dari transformasi sistem pendidikan di Indonesia. Starting point yang baru mengharuskan kita untuk melakukan dekonstruksi dan perubahan-perubahan untuk mencapai aspek positif dalam pembaharuan pendidikan di Indonesia yang lebih sesuai dengan kehendak Tuhan. Harapannya dengan apa yang telah dikerjakan melalui CIT, dapat menciptakan legacy dan heritage yang indah demi mengubah masyarakat Indonesia, sehingga Tuhan dimuliakan dan sejarah dapat diperbaiki.

We start the alpha, facing to no end and legacy goes on until eternity,” merupakan kalimat penting yang disampaikan oleh beliau.

RELATED POSTS