Rektorat
Pdt. David Tong, B.Sc., M.A.R., Ph.D. Pdt. David Tong, B.Sc., M.A.R., Ph.D.
Rector

Bapak David memperoleh gelar sarjana dalam bidang Fisika, Matematika, Ilmu Komputer, dan Filsafat dari Calvin College (1999), magister di dalam bidang Studi Theologia dari Westminster Theological Seminary (2010), dan doktoral di dalam bidang Fisika Eksperimentalis dari University of Connecticut (2010) dengan disertasi berjudul “Long-Range Interactions in an Ultracold Rubidium Gas.” Saat ini Bapak David sedang menyelesaikan doktoral di dalam bidang Apologetika dari Westminster Theological Seminary dengan riset disertasi berjudul “Thomas F. Torrance’s Realist Epistemology: A Van Tilian Assessment.”

Selain menjadi rektor di Calvin Institute of Technology, Bapak David juga ditahbiskan sebagai penatua pendeta di dalam Sinode Gereja Reformed Injili Indonesia (GRII) pada tahun 2016 dan menjabat sebagai gembala sidang di GRII Karawaci (Januari 2019 – sekarang), anggota Dewan Pengawas Doktrin Sinode GRII (2016 – 2020), dan anggota Dewan Konsistori Sinode GRII (2016-2020). Bapak David memiliki minat studi interdisipliner yang berkisar antara theologi, filsafat, sejarah, seni, sains, khususnya fisika, dan teknologi.

Secara khusus, Bapak David memiliki minat penelitian seputar epistemologi reformed, presuposisional apologetika, worldview reformed, kaitan iman reformed dan ilmu pengetahuan, pengaruh doktrin dan teologi terhadap perkembangan universitas dan ilmu pengetahuan modern, dan lain sebagainya. Beberapa artikel yang pernah dituliskan antara lain, “Karl Barth’s Soteriology,” “Federal Vision, Karl Barth, and Monocovenantalism,” “Christian Theistic Criticism of Science,” “Science: A Dooyeweerdian Perspective,” “Calvin, Reformed Orthodoxy, and Natural Theology: Evaluating Van Til’s Consistency with Calvin and the Reformed Tradition,” “God and Quantum Physics,” “The Relationship between Christianity and Science: A Brief Historical Study on Darwinism and the Old Princeton Theologians,” dan “The Relationship between Christianity and Science: A Brief Historical Study on Darwinism and the Dutch Neo-Calvinist Theologians.” Bapak David berdoa agar melalui Calvin Institute of Technology, Tuhan bangkitkan generasi muda Kristen yang berakar pada Firman Tuhan, berwawasan luas, berpikiran kritis, demi menjawab panggilan Tuhan menghadapi dunia.

Agung Bayu Waluyo, S.Si., M.Si., Ph.D. Agung Bayu Waluyo, S.Si., M.Si., Ph.D.
Vice Rector of Academic Affairs

Bapak Agung adalah Wakil Rektor bidang Akademik di Calvin Institute of Technology. Ia memperoleh doktoral dalam bidang Fisika Nuklir Teori dari The George Washington University pada tahun 2006, magister dalam Fisika Teori dari Universitas Indonesia pada tahun 1997, sarjana di bidang Fisika Teori dari Universitas Indonesia pada tahun 1994. Bapak Agung adalah pendiri dan direktur Entrepreneurship Lab Indonesia yang didirikan pada tahun 2014. Sebelumnya, ia adalah mantan Kepala dan Direktur Program Teknologi Nutrisi dan Makanan di Universitas Surya.

Minat Bapak Agung berkisar dari membaca dan belajar teologi, mendengarkan musik klasik dan country, bermain gitar, dan belajar tentang sejarah dan seni. Minat penelitiannya antara lain Analisis Saluran-Terkopel dari Hadron-Meson Photoproduction dan Teori Perturbasi Chiral. Beliau memulai penelitiannya dengan the Center for Nuclear Studies di The George Washington University dan bergabung dengan the Baryon Resonance Analysis Group. Bapak Agung adalah penggemar Sealfit Angkatan Laut Amerika Serikat (AS).

Martin Tjahjono, S.T., M.Sc., Ph.D. Martin Tjahjono, S.T., M.Sc., Ph.D.
Vice Rector of Non-Academic Affairs

Bapak Martin adalah Wakil Rektor bidang non-akademik di Calvin Institute of Technology. Beliau adalah penerima dari berbagai beasiswa prestigius termasuk Singapore Millennium Foundation dan President Scholarship di Singapura. Beliau memegang gelar sarjana di bidang Teknik Kimia dari Universitas Surabaya, gelar magister dan doktoral di bidang Teknik Kimia dari National University of Singapore. Bapak Martin mempunyai pengalaman kerja profesional dengan lembaga riset di Singapura dan Indonesia.

Sebelum bergabung dengan Calvin Institute of Technology, beliau adalah pemangku jabatan Pelaksana Rektor di Universitas Surya, Wakil Rektor bidang Akademik, dan pemimpin dari empat program studi di Universitas Surya. Beliau juga adalah Chief Academic Officer di HarukaEdu. Sebagai seorang yang telah lama mendukung perkembangan teknologi pendidikan di tanah air, Bapak Martin berharap dapat mendidik murid-murid Calvin Institute of Technology dengan perkembangan terkini di bidang sains dan teknologi, tanpa menanggalkan integrasi dari iman Kristen Reformed di bidang yang mereka tekuni.

Sebagai seorang mantan peneliti di A*STAR (Agency for Science, Technology and Research) Institute of Chemical and Engineering Sciences di Singapore, Bapak Martin berharap dapat menanamkan prinsip penelitian dan praktik akademik terbaik kepada murid-muridnya.

Dosen
Andre Tirta Winoto, S.Kom., M.Kom. Andre Tirta Winoto, S.Kom., M.Kom.
Lecturer in IT & Big Data Analytics

Bapak Andre menerima gelar sarjana di bidang Teknik Komputer dari Universitas Pelita Harapan dan magister di bidang Manajemen Teknologi Informasi dari Universitas Indonesia. Ia memiliki pengalaman luas dalam bidang bisnis dan kewirausahaan, termasuk diantaranya sebagai pendiri Luno Creative dan Get Diskon. Bapak Andre melayani sebagai Chief Operating Officer di Get Diskon sejak 2016. Pengalaman masa lalu dan keahlian kerjanya termasuk menjadi direktur proyek, bagian dari tim produk, dan juga programmer. Salah satu karyanya yang diterbitkan berjudul “Desain dan Implementasi Perangkat Lunak Otomasi Pengisian Data Menggunakan Fuzzy ARTMAP” yang menjadi bagian dari proceeding dari Seminar Industri Informatika Internasional 2009 di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Fidelia Melissa Sihombing, S.P., M.Sc. Fidelia Melissa Sihombing, S.P., M.Sc.
Lecturer in Biomedical Science

Ibu Fidelia (Fidel) menerima gelar sarjana di bidang Pemuliaan Tanaman dari Universitas Sumatera Utara dan magister di bidang bioteknologi dari Universitas Sains dan Teknologi Pohang, Korea Selatan. Fidel pernah bekerja sebagai personil Penjaminan Mutu di PT. Kalbio Global Medika (sebuah anak perusahaan Kalbe dengan spesialisasi di dalam biofarmasi). Dia memiliki berbagai pengalaman, antara lain dalam memastikan implementasi Cara Produksi Obat yang Baik, dalam manajemen resiko, dan dalam melakukan audit ke berbagai vendor lokal maupun internasional. Selain itu, ia juga memiliki pengalaman bekerja di Laboratorium Biologi Sistem Seluler di Universitas Sains dan Teknologi Pohang, di mana ia melakukan penelitian tentang transportasi protein dalam sel makhluk hidup.

Filia Christy, B.Envs., M.Arch. Filia Christy, B.Envs., M.Arch.
Lecturer in Architectural & Sustainable Design

Ibu Filia memperoleh gelar sarjana dan magister di jurusan Arsitektur dari University of Melbourne. Dia memiliki pengalaman internasional bekerja di desain proyek perumahan bertingkat, pengembangan kawasan multifungsi, dan desain perkotaan di Melbourne, Hong Kong, dan Jakarta. Minat penelitiannya berhubungan dengan peranan arsitektur dalam menjawab masalah gentrifikasi di perkotaan. Selain bidang arsitektur, ia juga memiliki minat dalam bidang sejarah seni, teori, dan teologi.

Filo Limantara, S.TI., M.TI. Filo Limantara, S.TI., M.TI.
Lecturer in IT & Big Data Analytics

Bapak Filo memiliki sarjana di bidang Teknologi Web dari Kwik Kian Gie School of Business dan magister di bidang Intelegensia Komputasional dari Universitas Bina Nusantara. Dia mendalami ketertarikannya di bidang medis dengan menulis tesis yang berjudul “Klasifikasi Citra Medis Menggunakan Extreme Learning Machine.” Bidang keahliannya yang lain meliputi pembelajaran mesin, pemrograman, desain algoritma, dan analisis. Dia berkarya di dalam bidang berikut ini: Program Web Crawler (di Pegipegi.com), Rekomendasi Produk, Analisis Market Basket, Penilaian Produk, Pembuatan Laporan Otomatis (di OVO), Penilaian Kredit (di DanaBijak).

Fritz Harland Sihombing, S.T., M.Sc. Fritz Harland Sihombing, S.T., M.Sc.
Lecturer in Structural & Geotechnical Engineering

Bapak Fritz menerima gelar sarjana di bidang Teknik Pertanian dari Universitas Padjajaran dan magister dari Institut Sains dan Teknologi Nasional Ulsan, Korea Selatan, pada tahun 2015 dengan tesis tentang analisis bahaya tsunami probabilistik menggunakan kerangka kerja komputasi paralel. Saat ini ia bekerja sebagai asisten peneliti di Laboratorium Penilaian Keandalan dan Risiko dan juga adalah kandidat Ph.D. di Institut Sains dan Teknologi Nasional Ulsan.

Penelitian doktoralnya berfokus pada pembangunan kerangka peringatan dini gempa menggunakan pendekatan deep learning. Selain itu, ia juga memiliki pengalaman dalam pemodelan risiko bencana alam, dalam analisis risiko dan keandalan, dan dalam perencanaan dan manajemen pasca bencana.

Ghandy, B.Sc., M.Sc. Ghandy, B.Sc., M.Sc.
Lecturer in Internet of Things & Electrical Engineering

Bapak Ghandy menerima gelar sarjana dan magister di bidang Teknik Biomedis dari Fakultas Ilmu Terapan di Universitas Hamburg di Jerman. Dia memperoleh pengalaman kerja pertamanya ketika magang di Philips Medical Systems DMC GmbH (Hamburg, Jerman) dengan menguji fungsionalitas sistem unit X-ray. Ia juga pernah bekerja sebagai asisten peneliti di Fakultas Ilmu Terapan di Universitas Hamburg, memvisualisasikan gerakan mata dan melakukan pemrosesan gambar-gambar MRI. Sebagai seorang insinyur penjaminan mutu di Qtec Services GmbH (Luebeck, Jerman), ia mengembangkan skrip uji otomatis untuk sistem manajemen data pasien dan sistem pendukung keputusan. Di Idemia (Jakarta, Indonesia), ia mengembangkan skrip uji otomatis untuk perangkat lunak tertanam. Bapak Ghandy juga tertarik pada teologi dan saat ini melayani sebagai guru sekolah minggu dan penyanyi paduan suara gereja.

Hartiyowidi Yuliawuri, S.Si., M.Biomed. Hartiyowidi Yuliawuri, S.Si., M.Biomed.
Lecturer in Biomedical Science

Ibu Hartiyowidi Yuliawuri (Wuri) menerima gelar sarjana di bidang Biologi dan magister di bidang Sains Biomedis dari Universitas Indonesia (UI). Sejak 2008, ia telah bekerja dengan Pusat Penelitian Virologi dan Pathobiologi Kanker (bagian dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia) untuk mengembangkan tes resistensi obat HIV. Di sana, grup risetnya telah berhasil lulus dari Uji Persyaratan yang diselenggarakan oleh Program Skema Penilaian Kualitas TREAT Asia untuk Genotipe Tes Resistansi Obat HIV dua kali setahun. Ia adalah anggota Asosiasi Biorisk Indonesia dan pelatih biosafety dan biosecurity. Ia telah lulus Sertifikasi Profesi dalam Ujian Manajemen Biorisk dari Federasi Internasional Asosiasi Keamanan Hayati.

Maria Anindita Nauli, S.T., M.Sc. Maria Anindita Nauli, S.T., M.Sc.
Lecturer in Chemical & Food Processing

Ibu Maria Anindita (Dita) lulus Cum Laude dari Institut Teknologi Bandung dengan gelar sarjana di bidang Teknik Kimia pada tahun 2011. Di tahun 2013, dia menerima beasiswa pascasarjana dari National University of Singapore untuk warga-warga negara ASEAN dan menyelesaikan magister di bidang Teknik Kimia dari National University of Singapore. Dia memiliki pengalaman kerja gabungan selama lima tahun dengan tanggung jawab dalam pengolahan susu, minuman, dan makanan cair di Tetra Pak dan tanggung jawab dalam melakukan studi kelayakan untuk pabrik bioetanol di Rekayasa Industri. Ibu Dita juga memiliki keahlian dalam pengolahan susu dan makanan, desain higienis untuk pabrik makanan cair, dan perhitungan biaya proyek.

Maria MK Nainggolan, S.T., M.T. Maria MK Nainggolan, S.T., M.T.
Lecturer in Chemical & Food Processing

Ibu Maria menerima gelar sarjana di program studi Teknik Kimia dengan fokus Teknologi Pangan dari Institut Teknologi Bandung dan magister di bidang Manajemen Gas dari Universitas Indonesia. Pengalaman akademisnya berkisar di dalam penelitian tentang korelasi harga minyak dan gas, produksi ksilitol dari bonggol jagung, dan desain pabrik gula aren cair dan produk sampingnya (minuman nira segar). Ia mempunyai pengalaman di bidang marketing dan perencanaan bisnis untuk industri pengiriman batubara dan gas, juga di bidang manajemen dokumen dan proyek untuk konstruksi pembangkit listrik Perusahaan Listrik Negara. Ibu Maria juga adalah guru privat piano dan tutor matematika dan fisika sejak 2016. Selain di bidang teknik kimia, ia juga memiliki ketertarikan pada musik klasik dan teologi.

Meyland, S.T., M.T. Meyland, S.T., M.T.
Lecturer in Chemical & Food Processing

Ibu Meyland mendapatkan gelar sarjana di bidang Teknik Kimia dan magister di bidang Teknik Kimia dengan spesialisasi di bidang proses teknologi dari Universitas Sumatera Utara (USU). Ibu Meyland memiliki dua sertifikat di bidang penilaian dampak lingkungan dari pusat pembelajaran lingkungan dari Universitas Gadjah Mada. Ia memiliki berbagai pengalaman sebagai konsultan teknik dan konsultan di industri pengolahan makanan, bekerja di perusahaan pemerintahan (GTZ – German Technical Cooperation) sebagai wakil manajer di departemen lingkungan tugas, sebagai peneliti minyak sawit, dan bekerja di lembaga non pemerintahan (NGO). Beliau merupakan konsultan teknik dari PT Signtegra, wakil koordinator dari JUH (Johanniter Unfall Hlife) – Indonesia, peneliti dari IOPRI, dan pemimpin produksi dari PT Effem Indonesia.

Nathanael Steven, S.Si., M.Si., M.Eng. Nathanael Steven, S.Si., M.Si., M.Eng.
Lecturer in Biomedical Science

Bapak Nathan menerima gelar sarjana di bidang Mikrobiologi dari Institut Teknologi Bandung, magister di bidang Bioteknologi dari Institut Teknologi Bandung, dan magister di bidang Bioteknologi dari Universitas Osaka. Bidang keahliannya termasuk bioteknologi, imunologi, rekayasa genetika, dan mikrobiologi. Meskipun termasuk salah satu tenaga pengajar termuda di antara dosen-dosen Calvin Institute of Technology lainnya, Bapak Nathan telah meraih banyak prestasi dan penghargaan. Di Institut Teknologi Bandung, ia adalah lulusan Cum Laude pada tahun 2016 dan 2018, termasuk dalam Dean List dari Fakultas Ilmu dan Teknologi Hayati untuk tahun 2016-2018, dan adalah valedictorian di acara kelulusan ITB pada tahun 2018. Dia juga adalah penerima beasiswa Nippon Seikō Kabushiki-gaisha (NSK) di tahun 2017.

Sandhy P.H. Sihotang S.T., M.T., IAI Sandhy P.H. Sihotang S.T., M.T., IAI
Lecturer in Architectural & Sustainable Design

Bapak Sandhy menerima gelar sarjana di bidang Teknik Arsitektur dari Institut Teknologi Indonesia dan magister di bidang Arsitektur dari Universitas Katolik Parahyangan. Sandhy memiliki lebih dari 18 tahun pengalaman desain, mulai dari master plan hingga desain bangunan, dan sekitar 10 tahun pengalaman di sektor transportasi perkotaan di Indonesia, Singapura, dan India. Keterlibatan terakhirnya dalam proyek perkeretaan adalah dengan Proyek MRT Jakarta CP103 Tahap 1 di mana ia ditugaskan sebagai Manajer Desain Senior untuk Obayashi-Shimizu Jaya Konstruksi JV (OSJ). Untuk melengkapi pengetahuannya dalam proyek-proyek perkeretaan, ia pernah mengambil Kursus Desain Arsitektur dalam Sistem Transit di Otoritas Transportasi Darat di Singapura.

Sanga Lawalata, S.Kom., M.Sc. Sanga Lawalata, S.Kom., M.Sc.
Lecturer in IT & Big Data Analytics

Bapak Sanga menerima gelar sarjana di bidang Ilmu Komputer dari Universitas Bina Nusantara (BINUS) dan magister di bidang Teknologi Informasi dan Media dari Technische Universität Hamburg-Harburg (TUHH) di Jerman. Sebelum bergabung dengan Calvin Institute of Technology, Bapak Sanga memiliki pengalaman bekerja sebagai insinyur senior di bidang Java & JEE di berbagai perusahaan, antara lain Vivy GmbH, Labfolder GmbH, Zalando SE, dan Fox Mobile Group. Keahliannya meliputi Java, arsitektur software terdistribusi, Test-Driven Development, dan Amazon Web Services. Sanga juga sangat suka mengajar, baik itu mengajar programming untuk remaja, maupun mengajar anak-anak di sekolah minggu. Ia juga mempunyai hobi bermain badminton and menikmati pair programming.

Sukadarminto, S.T., M.T. Sukadarminto, S.T., M.T.
Lecturer in Structural & Geotechnical Engineering

Bapak Sukadarminto (Totok) memperoleh gelar sarjana dan magister di bidang Teknik Sipil dari Universitas Gadjah Mada. Bapak Totok pernah bekerja sebagai manajer dan pengendali proyek dalam bidang minyak dan gas di PT Pertamina Gas, kontraktor di Perusahaan Listrik Negara, dan peneliti dan konsultan untuk Kementerian Perhubungan dan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Selain itu, Bapak Totok juga mempunyai hobi di bidang musik, berolahraga, dan gemar melukis.

Timur Pratama Wiradarma, B.Sc., M.Sc. Timur Pratama Wiradarma, B.Sc., M.Sc.
Lecturer in IT & Big Data Analytics

Bapak Timur menerima gelar sarjana di bidang Teknologi Informasi dan magister di bidang IT-System Engineering dari Hasso Plattner Institute. Dia memiliki pengalaman luas dalam pengembangan perangkat lunak, keamanan sistem informasi, dan kewirausahaan. Dia adalah Chief Technology Officer dari Duitku Social Payment Gateway, aplikasi finansial berbasis Teknologi Informasi yang menangani transaksi dari berbagai saluran pembayaran. Penelitiannya yang berkisar pada Visi Komputer dan Pemrosesan Teks menghasilkan publikasi di beberapa Konferensi Ilmu Komputer terkenal.

Virginia Lalujan, S.T., M.T., M.B.A. Virginia Lalujan, S.T., M.T., M.B.A.
Lecturer in Internet of Things & Electrical Engineering

Ibu Virginia menerima gelar sarjana di bidang Teknik Industri dari Universitas Katolik Parahyangan, magister di bidang Teknik Industri dari Institut Teknologi Bandung, dan magister di bidang Manajemen Industri di Universitas Sains dan National Taiwan University of Science and Technology. Pengalaman penelitian sebelumnya berkisar pada mempromosikan sistem kesehatan melalui Teknologi berbasiskan IoT. Sebagai seorang insinyur wanita, Ibu Virginia bersemangat untuk membagi pengetahuannya dengan generasi ilmuwan dan insinyur yang akan menjadi bagian dari Calvin Institute of Technology.

Wilham George Louhenapessy, M.Sc., Ph.D. Wilham George Louhenapessy, M.Sc., Ph.D.
Lecturer in Structural & Geotechnical Engineering

Bapak Wilham adalah insinyur geoteknik dan struktur dengan lebih dari 25 tahun pengalaman di bidang struktur dan geoteknik di perusahaan-perusahaan rekayasa global di dalam beragam subyek, antara lain Panas Bumi, Energi/Pembangkit Listrik, Infrastruktur dan Penambangan, dan lain sebagainya. Beliau mendapatkan gelar sarjana dari Institut Teknologi Bandung pada tahun 1991, di sub-jurusan Teknik Struktur dan Geoteknik, magister di tahun 1995 dan doktor di tahun 2000 di dalam bidang Geomekanik dan Model Elemen Hingga dari University of Wales Swansea (sekarang: Swansea University), di Wales, Inggris.

Bapak Wilham memiliki pengalaman bekerja untuk berbagai proyek nasional seperti di divisi energi panas bumi AECOM, di divisi pembangkit listrik SNC Lavalin, di berbagai proyek-proyek konstruksi utama dengan Royal Haskoning DHV, dan di berbagai proyek penerowongan di beberapa perusahaan. Di samping itu, Bapak Wilham juga pernah ditugaskan di sebuah proyek di Singapore sebagai spesialis Geoteknik di Mott Mac Donald Singapura/Indonesia (dengan penugasan perpanjangan MRT – Downtown Line 2 Singapura: Stasiun Rochor dan Little India).

Bapak Wilham memiliki pengalaman penelitian yang luas dan ahli di bidang Geoteknik. Dalam penelitian doktoralnya, Bapak Wilham menerapkan algoritma bagi analisis undrained untuk struktur batuan (lereng dan terowongan), Model Konstitutif Brittle-Ductile untuk massa kekar batuan (Kriteria Kegagalan Papaliagas), Elemen Hingga beton dan creep/rayapan untuk massa kekar batuan (Rock Visco-plastic), ekstrapolasi nilai dalam Gauss Point, dan algoritma kegagalan batuan gabungan dan tahapan penggalian. Bapak Wilham juga memberikan kontribusi pada versi lama dari software industri di Eropa (Elemen Hingga Analisis Geomekanik dan Simulator). Bapak Wilham telah mempublikasikan lebih dari 40 artikel sepanjang karirnya. Bidang keahliannya meliputi Geomekanik, Metode Elemen Hingga, Struktur dan Rekayasa Geoteknik, Mekanika Tanah dan Batuan, Dukungan Tunneling dan Tunnel, Rheologi Tanah dan Batuan, serta Pemrograman Fortran dan Algoritma.

Yozef Tjandra, S.Si, M.Sc. Yozef Tjandra, S.Si, M.Sc.
Lecturer in IT & Big Data Analytics

Bapak Yozef menerima gelar sarjana di bidang Matematika dari Institut Teknologi Bandung dan Magister di bidang Matematika dari Monash University, Australia. Sejak 2014, ia telah bekerja di berbagai proyek matematika dan komputasi yang dilakukan untuk tujuan pendidikan dan komersial. Keragaman proyek-proyek yang ia kerjakan mulai dari masalah optimasi industri dalam dunia nyata hingga analisis algoritma secara teoritik. Bidang minatnya meliputi masalah terkait jarak dalam teori graf, kombinatorika probabilistik, algoritma acak, optimisasi, dan popularisasi matematika. Dia juga memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dalam integrasi iman dan sains, khususnya tentang banyaknya masalah etika terabaikan yang muncul dalam praktek penelitian matematika. Di luar pekerjaan, ia melayani sebagai musisi gereja dan menikmati berbagai karya sastra Indonesia.

WhatsApp chat