Academics

Sebagai perguruan tinggi yang akan memberikan shalom Tuhan di zaman Revolusi Industri 4.0, Calvin Institute of Technology mempersiapkan enam program studi unggulan, terkini, dan relevan untuk zaman ini. Sebagai suatu perguruan tinggi Kristen Reformed, Calvin Institute of Technology berbasiskan Reformed Liberal Arts Curriculum (RLAC). Penggabungan kedua kekuatan ini adalah salah satu alasan mengapa Calvin Institute of Technology adalah suatu perguruan tinggi yang unik di Indonesia.

RLAC menekankan keberagaman disiplin ilmu (multidisipliner), keterkaitannya satu sama lain (interdisipliner), dan, terutama, penaklukan semua disiplin ilmu di bawah supremasi Kristus. Terdiri dari 47 kredit (~33% dari total kredit pembelajaran), RLAC terdiri dari empat pembagian inti: Pembentukan Worldview (Teologi, Filsafat, Sejarah, Studi Interdisipliner), Kompetensi Dasar (Retorik, Logika, Kesehatan dan Kebugaran), Masyarakat dan Kebudayaan (Seni/Musik, Literatur, Sosial), dan Pemikiran Konseptual (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam). Melalui RLAC, anak didik dibekali dengan kemampuan berpikir secara komprehensif, analitis, dan kritis yang akan memungkinkan anak didik untuk mempelajari pengetahuan dan keterampilan spesifiknya, sesuai dengan bidang keilmuan di dalam program studinya, secara lebih integratif dan bertanggung jawab.

Kurikulum Calvin Institute of Technology menghindarkan anak didik untuk berpikir secara otonom, lepas dari Tuhan melainkan, sebagai umat Tuhan, mempersiapkan mereka untuk memiliki cara pandang dan pola pikir yang sesuai dengan Tuhan (to think after God’s thought). Dengan demikian, lulusan Calvin Institute of Technology akan dipersiapkan menjadi seorang penatalayan (steward) yang menjalankan panggilan mandat budayanya dapat dimungkinkan untuk menjadi agen penebusan Tuhan di dalam segala aspek kehidupan, baik di keluarga, pekerjaan, masyarakat, dan di manapun mereka ditempatkan untuk menyatakan kemuliaan Allah.

Selengkapnya:
WhatsApp chat